Segera Bank Sulselbar Lakukan Layanan Non Tunai Pemda

Jum'at | 18 Agustus 2017


Segera Bank Sulselbar Lakukan Layanan Non Tunai Pemda

ilustrasi | bisnis.com

MAKASSAR -- Bank Sulselbar menargetkan seluruh transaksi keuangan Pemerintah Daerah (Pemda), bisa melalui e-Payment.

Direktur Utama Bank Sulselbar, Andi Muhammad Rahmat, menyebut, seluruh penerimaan Pemda di Sulsel dan Sulbar bisa menggunakan layanan e-payment Bank Sulselbar. Penerimaan Pemda yang bisa digarap, menurut Rahmat, seperti retribusi pajak, parkir, pariwisata, pembayaran IMB, hingga pajak kendaraan bermotor.

"Kami gandeng BPKP untuk penerapannya, itu juga sesuai keinginan Kemendagri," ujar Rahmat di kantor BPKP, Selasa, 15 Agustus.

Dia menambahkan, infrastuktur layanan perbankan sudah siap di masing-masing daerah. Berupa ATM, EDC, maupun internet banking. Selama ini, jelas Rahmat, layanan online Bank Sulselbar hanya sekadar pembayaran ke rekening Pemda, tetapi penerimaan masih manual. Dia menyebut, layanan online ini mencegah pungutan liar. 
"Setiap instansi yang memiliki penerimaan, akan ditempatkan EDC," ujarnya.

Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, menambahkan, kerjasama ini diharapkan dapat mendongkrak dana pihak ketiga (DPK). Saat ini dana yang terhimpun hingga Juli 2017, sudah mencapai Rp15,9 triliun, dari target Rp16 triliun. Dia menyebut, potensi dana penerimaan retribusi dari Pemda diharapkan dapat mendongkrak dana Bank Sulselbar. "Kita ingin dominasi dana murah," singkatnya.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, Didik Krisdianto, mengatakan, pihaknya siap mendukung Bank Sulselbar dalam layanan online. Menurutnya, saat ini baru 12 kabupaten/kota yang menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) berbasis teknologi informasi.

"Dengan layanan online, tentu posisi kas dan neraca bisa dipantau kapan saja, lebih transparan," ujarnya.

 

Sumber: fajaronline.com


 Kembali