Ini 7 Cara 'Mudah' Dapat Tambahan Uang

Rabu | 20 Desember 2017


Ini 7 Cara \'Mudah\' Dapat Tambahan Uang

ilustrasi | bisnis.com

JAKARTA—Kemudahan yang diberikan dari dunia digital ternyata juga berdampak terhadap bagaimana cara mendapatkan tambahan penghasilan—yang bahkan dapat dikatakan tanpa banyak mengeluarkan energi.

Sambil bersantai di sofa empuk, segelas orange juice ditemani dengan dua potong biskuit, Anda dapat memperoleh tambahan uang.

Berikut ini beberapa ide yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk mendapatkan tambahan uang—mulai dari belanja online hingga mengumpulkan struk belanjaan—serta beberapa hal yang perlu sedikit energi untuk mendapatkan uang tambahan sebagaimana dilansir dari moneytalksnews.com

1. Mendapatkan cash back saat berbelanja
Beberapa marketplace belanja online saat ini mulai banyak yang menawarkan cash back, baik saat belanja maupun saat membayar belanjaan. Adapula situs aggregator yang mengumpulkan situs belanja online yang menawarkan cash back. Hanya dengan memberikan alamat surat elektronik (surel), Anda akan mendapatkan tawaran program cash back saat berbelanja.

2. Membagi Struk Belanjaan
Saat berbelanja di supermarket, ternyata ada beberapa bagian yang dapat menarik perhatian orang lain. Ya, item pembelian serta jumlahnya menjadi hal yang bernilai bagi peneliti yang perlu disajikan untuk perusahaan. Dengan memfoto dan membagikannya melalui aplikasi tersedia, Anda akan mendapatkan rabat atas beberapa item yang Anda beli.

Di Amerika Serikat, ada Ibotta yang menawarkan jasa ini. Di Indonesia, ada aplikasi Snapcart yang dapat Anda manfaatkan.

3. Berpartisipasi dalam survei
Beberapa perusahaan, seperti Nielsen, memerlukan partisipan sebagai dasar dalam penelitiannya yang rutin dilaporkan setiap tahun. Anda dapat melaporkan apa yang telah ditonton, apa yang dicari dalam situs yang Anda buka, dan preferensi – preferensi lain yang sesuai dengan materi penelitian.

Nielsen Digital Voice—salah satu contohnya—menawarkan undian bulanan yang memenangkan 400 orang setiap bulan.

4. Menyampaikan pendapat
Seberapa sering Anda menulis status di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya yang mungkin bisa jadi menjadi salah satu ide yang benar – benar baru? Pernahkah Anda berpikir bahwa ide tersebut—yang Anda bagikan secara gratis kepada khalayak—ternyata dapat dimonetisasi?

Saat ini, mulailah berpikir bahwa ada penawaran menarik setiap kali Anda menulis status di media sosial/ Misalnya saja, Harris Pool Online, yang akan memberikan “reward” setiap kali Anda menanggapi sejumlah isu yang mereka berikan.

5. Menjual gambar
Generasi zaman ‘now’ banyak yang memiliki hobi fotografi. Gear yang lumayan mahal dan memiliki kemampuan yang mumpuni, tentunya menjadi modal awal untuk dapat menghasilkan uang.

Ketika Anda traveling ke suatu daerah yang baru, momen yang diabadikan bisa menjadi cuan yang tak terduga sebelumnya. Tak hanya itu, foto yang dibuat dengan mengamati kehidupan sehari – hari juga dapat Anda jual pada beberapa situs penyedia foto. Anda dapat mengunjungi shutterstock.com, istockphoto.com atau situs lain yang dapat Anda cari melalui mesin pencari.

6. ‘Mengorek’ sumber pendapatan tak terduga
Beberapa hal yang pernah Anda lakukan semasa lampau, mungkin saat ini memberikan pendapatan yang tidak pernah Anda sangka sebelumnya. Misalnya saja, Anda pernah menempatkan deposito yang belum sempat Anda cairkan. Bagi Anda yang sudah pensiun atau berhenti kerja, Anda dapat memeriksa jaminan hari tua di BPJS Ketenagakerjaan. Bisa jadi, jaminan hari tua ini jumlahnya cukup menambah “gemuk” rekening Anda.

7. Ikut penyedia jasa online
Saat ini banyak bermunculan aplikasi yang menyediakan beragam jasa, mulai dari transportasi, servis kendaraan, potong rambut, hingga pembelian makanan. Apabila Anda memiliki keahlian tertentu, tak ada salahnya bergabung sebagai mitra penyedia aplikasi ini sehingga Anda mendapatkan tambahan penghasilan. Hanya saja, perlu keahlian khusus dan sedikit “keringat” agar pendapatan mulai dapat mengalir.

Berikut tadi tujuh cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Berminat mencoba?

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali