Tiga Kategori Terbaik Bank Daerah

Selasa | 03 Juli 2018


Tiga Kategori Terbaik Bank Daerah

Masih dengan standar modal inti, kata Sigit, penghargaan kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) diberikan untuk tiga kategori. Pada kelompok BPD Buku III (modal inti Rp 5 triliun– Rp 30 triliun), penghargaan diberikan untuk PT Bank Jawa Tengah, PT Bank Jawa Timur Tbk, dan PT Bank Jabar Banten Tbk.

Adapun PT Bank Jambi, PT Bank Kalimantan Tengah, dan PT Bank Sulselbar meraih penghargaan untuk BPD Buku II (modal inti Rp 1 triliun–Rp 5 triliun). Sedangkan untuk kelompok BPD Buku I (modal < Rp 1 triliun), penghargaan diberikan kepada PT Bank Sulawesi Tenggara, PT Bank Maluku, dan PT Bank Sulawesi Tengah.

“Bank-bank yang meraih penghargaan tahun ini sudah terbukti unggul dari pesaing pada kelompok masing-masing. Penghargaan diraih setelah bank-bank ini lolos seleksi awal dan menjadi yang terbaik pada tahap pemeringkatan yang mengacu pada 12 kriteria pemeringkatan yang dirumuskan Dewan Juri,” ujar Primus Dorimulu, Pemimpin Redaksi Majalah Investor.

Dua belas kriteria pemeringkatan yang digunakan meliputi capital adequacy ratio (CAR) 2017, non performing loan (NPL) 2017, return on asset (ROA) 2017, return on equity (ROE) 2017, net interest margin (NIM) 2017, perbandingan beban operasional dengan pendapatan operasional (BOPO) 2017, loan to deposit ratio (LDR) 2017, per tumbuhan pendapatan bunga bersih, pertumbuhan pendapatan operasional selain bunga, pertumbuhan laba operasional, pertumbuhan kredit, dan rasio cost to asset.

Sigit Pramono mengatakan, para juri juga memberi apresiasi bagi bank yang memberi perhatian penting terhadap penyaluran kredit UMKM serta bank yang punya komitmen mendukung pembangunan infrastruktur.

“Tujuannya adalah agar makin banyak tumbuh pengusaha baru sektor UMKM serta bank ikut menyukseskan pembangunan infrastruktur yang tengah digalakkan pemerintah,” tegas Sigit.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi Bank BUMN yang meraih penghargaan karena komitmen mendukung UMKM. Sedangkan bank swasta yang mendapat apresiasi yang sama adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Selanjutnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendapat apresiasi karena komitmennya membiayai proyek infrastruktur nasional. (bersambung)

Sumber : id.beritasatu.com


 Kembali