Kenali Investasi Ilegal dengan "Double Check"

Senin | 24 September 2018


Bisnis.com, JAKARTA -- Satuan Tugas Waspada Investasi mengajak masyarakat untuk mengenal investasi bodong lewat 2L, yaitu cek Legalitasnya dan cek Logisnya. 
 
"Yang paling sederhana itu cek legalnya dan cek logisnya. Setiap usaha pasti ada izin. Tanyakan izinnya, izin produknya, izin kegiatannya, izin usahanya. Lalu, harus rasional, berdasarkan logika. Kalau suku bunga yang diberikan tidak masuk akal, patut dipertanyakan," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Tongam L. Tobing saat memberikan pelatihan kepada para jurnalis se-Kalimantan, di Jakarta, Jumat (14/9/2018).
 
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang merupakan salah satu komponen dalam Satgas Waspada Investasi, juga diklaim terus mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam menginvestasikan uangnya.

Jangan sampai masyarakat tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risikonya. Termasuk, ketika penawaran investasi dilakukan oleh tokoh agama atau menggunakan selebriti sebagai daya tarik. 
 
"Karena ini suatu hal yang serius. Kegiatan investasi ini semakin marak dengan pesatnya teknologi dan anehnya, masyarakat mudah terpancing," tambahnya. 

Satgas Waspada Investasi secara berkesinambungan melakukan tindakan preventif berupa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat terhindar dari kerugian investasi ilegal. OJK memperkirakan kerugian investasi bodong mencapai Rp105,81 triliun dalam periode 2007-2017.
 
"Kerugian ini tidak ditanggung siapapun. Tidak juga ditanggung pemerintah. Yang menanggungnya adalah pelaku," tegas Tongam.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali